Sabtu, 10 Desember 2011

Cinta Ala Lolipop (Part 25) *Repost

Jam istirahat sivia,oik dan ify dapet traktiran dari shilla secara baru jadian. Dan Dengan senang hati mereka nerimanya. Jarang-jarang kan ditraktir,biasanya ditraktir kalo lagi ulang tahun doang.

“bener kan pengirim puisi itu pasti romantis pokonya dia nembak lo di taman malem-malem pake gitar, dinyanyiin dan dibawah sinar bulan terus diterangi lilin. Sumpah shil romantis
banget dan ternyata orangnya cakka” ucap sivia beruntun dengan mata berbinar.
Shilla Cuma tersenyum.

“yaudah shilla kan lagi seneng, nah sekarang waktunya kita hibur yang lagi sedih” mata oik melirik ify didepannya. Ify yang dilirik gak sadar. Kali ini shilla dan sivia menatap ify
penuh simpatik

“fy lo pasti semalem nangis ya?” tanya shilla dengan raut muka yang berubah dari gembira menjadi prihatin

Ify yang sadar temen-temennya ngeliatin langsung berhenti dari aktivitas makannya dan mencoba tersenyum “yah aku nangis karna aku gak kuat”

“fy kita sebagai sahabat lo prihatin deh.kita gak mau ngeliat lo sedih kita mau bikin lo ceria lagi” ucapan oik tadi membuat ify tersenyum. Ya oik bener ify masih punya 3 sahabat
yang sayang sama ify dan mereka siap bikin ify ceria lagi

“thanks ya semua aku merasa beruntung punya sahabat kaya kalian,kalian care banget” ucap ify tulus dengan senyum lebar yang menandakan ify bahagia,

Shilla,oik,dan sivia bangun dari duduknya dan memeluk ify. “kita pasti care sama lo fy karna kita sahabat” ucap via haru. Ify tersenyum,ify beruntung punya sahabat kaya
shilla,oik dan via yang ada disaat dia senang dan sedih. Anak-anak seisi kantin
mengalihkan pandangannya ke adegan mengahrukan 4 sahabat. Ada anak yang
ngeliatnya ikut terharu ada juga yang cuek bebek malah ada yang ngeliatnya
dengan tatapan aneh. Tapi ify,shilla,via dan oik gak peduli dengan respon
anak-anak,pokonya mereka lagi haru-haruan bareng.

Setelah beberapa lama haru-haruannya mereka kembali pada aktivitas makannya.

“eh gimana weekend ini kita jalan, ke pantai gitu sekalian ngehibur ify” usul oik. Shilla mengangguk setuju “boleh-boleh udah lama gw gak kepantai”

“gw si ikut aja. lo fy mau kan” sivia menyenggol lengan ify disebelahnya. Ify mengangguk kecil “mau ko”.

“yee gitu dong. Asik kita liburan bareng” ucap oik sambil merntangkan tangannya. Shilla,via dan ify hanya tersenyum

Ify mengalihkan pandangannya ke meja cakka,iyel,rio dan ray. Ify teringat kembali akan tape recorder yang dikasih tante riva tadi pagi

“eh gw kesana dulu ya ada perlu” ucap ify bangun dari duduknya. Shilla,via dan oik ngangguk tanpa bicara apa-apa. Ify tersenyum dan berjalan ke meja SDR.

“eh ify ada apa fy” sambut rio senang saat ify tiba mejanya

“gw pengen cari debo. Dimana ya ko gak keliatan?” tanya ify. Matanya celingukan nyari debo

“ou debo fy. Dia mah lagi merenung di taman. tuh” ray menunjuk debo yang lagi duduk dibawah pohon yang cukup besar

“ou yaudah thanks ya” ify tersenyum dan langsung ngeloyor pergi. Raut muka rio berubah dan ini disadari cakka,iyel dan ray

“ehem cemburu ni ye” cakka berdeham sambil melirik rio

Rio menaikan alisnya dan memberi tatapan aneh ke cakka “siapa yang cemburu. Sok tau” elak rio,sesekali matanya melihat ify yang berjalan semakin dekat kearah debo

“gak cemburu tapi muka lo berubah gitu” komentar iyel sambil menyantap baksonya

“berubah gimana. Biasa aja ah” tukas rio. Sebenernya dalam hati rio, rio ngerasain hal itu si tapi masa rio harus bilang ke iyel,ray,sama cakka bisa malu dong

“ya berubah, tadi muka lo tuh senenggg banget si ify dateng terus langsung berubah cemberut pas nanyain debo. Apa itu kalo bukan cemburu” ray mepraktekan raut wajah rio dengan
lucunya dan pletakk sebuah jitakan mendarat mulus dikepala ray

“aduh gw kan gak minta dijitak yo. Uh.. sakit tau” rutu ray memegangi kepalanya. Rio,iyel dan cakka tertawa melihat penderitaan ray



“debo” panggil ify pelan tapi cukup didengar debo

Sekilas debo melihat ify yang berdiri didekatnya “mau apa?” tanya debo dingin

“gw Cuma mau nyampein amanat Zahra” ucap ify datar

Debo menaikan sebelah alisnya dan menatap ify dingin “amanat apa?”

“Tadi pagi tante riva ngasih gw tape recorder, katanya itu dari Zahra dan tante riva pesen kalo kita harus dengerin tape recorder itu bareng-bareng di bukit tempat biasa kita main
dulu” jelas ify. Debo menatap ify tanpa ekspresi “yaudah nanti pulang sekolah
lo bareng gw” ucap debo datar banget. Ify mengangguk dan pergi ninggalin debo

>>>

Pulang sekolah ify pamit buat pulang bareng debo,sesuai janji mereka akan bukit untuk dengerin isi tape recordernya. Sementara shilla ada janji jalan sama cakka. Sivia dan oik
terpaksa pulang berduaan, sebelum pulang oik dan sivia duduk-duduk dulu ditaman
menikmati angin yang berhembus

“vi,pengen deh gw berbagi sama orang yang gak mampu.supaya gw bisa berbagi sedikit yang gw punya” ucap oik menatap kosong kedepan. Sivia mengernyit heran, tumben oik ngomong
gitu

“ya lo berbagi aja sama mereka kaya ngasih uang ke anak-anak jalanan yang ngamen atau ngasih uang ke pengemis”

“yah itu mah terlalu simple. Gw pengen yang beda” oik menatap via disebelahnya

Sivia berpikir sejenak “gw tau caranya” sivia tersenyum lebar ke oik

“gimana?” tanya oik penasaran. Sivia tersenyum “lo ikut gw aja nanti gw tunjukin”

“yaudah ayo” oik menarik tangan sivia berdiri. “eh ntar dulu,gw mau ketoilet ya. Lo tunggu sebentar”

“yah elomah. Yaudah gih cepet” sivia berlari menuju toilet,oik kembali duduk

“dasar via” oik melipat tangannya. Sivia tuh kebiasaan suka emergenci tiba-tiba. Sambil nunggu sivia oik memainkan HPnya. Tiba-tiba pandangan oik beralih pada orang yang lewat
didepannya “ray”

Ray yang gak sadar lagi jalan didepan oik sempet kaget “eh elo” ray duduk disamping oik, tempat tadi sivia duduk

“ngapain lo duduk kan tadi gw Cuma manggil” protes oik. Ray langsung malu dibuatnya (aduh duh ray malu deh>.>>

Ify dan debo tiba di bukit, dalam diam mereka berjalan kearah danau. Sampai di danau itu ify dan debo duduk berhadapan di rerumputan. Sejenak hening, ify membuka tas birunya
dan mengambil tape recorder pemberian tante riva.

“ni deb,ini titipan tante riva” ify menyodorkan tape recorder itu. debo melihatnya dan menarik nafasnya perlahan “lo puter fy” pinta debo. Ify mengangguk dan segera menekan
tombol play.

Sebuah lagu terdengar mengalun.

berjanjilah wahai sahabatku
bila kau tinggalkan aku
tetaplah tersenyum
meski hati sedih dan menangis
kuingin kau tetap tabah menghadapinya

bila kau harus pergi meninggalkan diriku
jangan lupakan aku
semoga dirimu di sana
kan baik2 saja
untuk selamanya
di sini aku kan selalu rindukan dirimu
woo .. hooooo ..
wahai sahabatku

Rindukan dirimu …

“Itu suara Zahra” ucap debo setelah lagu itu berhenti. Ify mengangguk setuju. saat hendak menekan tombol stop terdengar suara Zahra lagi.

“ehem ehem gimana lagunya ify debo bagus gak? Hehe. Mudah-mudahan bagus ya. Oya apa kabar kalian. Aku yakin saat kalian dengerin rekaman ini mungkin aku udah gak ada,aku udah pergi jauh dan gak akan kembali
lagi. Tapi satu hal aku gak akan pergi dari hati kalian berdua. Sahabat
tercinta dan terbaik aku. Aku pengen walaupun tanpa aku kalian bisa menjadi
sahabat kaya dulu. Jujur aja aku emang gak bisa nginget semua masa lalu aku, tapi
saat bersama kalian hati aku gak bisa diboongin kalo aku merasa dekat sama
kalian dan itu yang dinamakan ikatan batin seorang sahabat apalagi saat
penculikan itu.itu pengalaman yang gak akan bisa aku lupain sampe kapanpun. Aku
gak pengen kalian sedih karna kepergian aku, kalian harus kembali ceria dan
tersenyum dan yang pasti gak boleh MARAHAN. Aku gak suka kalo kalian marahan
kaya waktu itu aku sebel liatnya. Oya aku bisa liat kalian dari atas loh.”

Ify dan debo mengangkat wajahnya,melihat ke atas langit

“Tuh kan aku bisa liat wajah kalian yang jelek itu dari atas sini. hehe kidding deh. Makanya kalian gak boleh marahan ya karna aku bisa tau loh… oya sampein salam aku ya kesemua, anak NIS terutama yang sekelas,
aku minta maaf ya mungkin selama aku sekolah disana aku ada salah. Aku seneng
banget bisa balik lagi ke Indonesia ketemu sama kalian dan bisa tahu tentang
masa lalu aku yang mungkin gak akan pernah bisa aku tau kalo gak ketemu kalian.
Ify, debo jujur aja aku masih pengen hidup lebih lama lagi, nikmatin masa-masa
SMA aku,bermain,becanda,pokonya semua hal yg indah yang bakal dilalui setiap
anak SMA, tapi aku rasa Allah berkata lain,mungkin hidup aku Cuma sampai disini
.maafin aku ya aku dateng disaat terakhir hidupku tapi aku gak bisa berbuat apa-apalagi
karna aku sendiri udah cape sama penyakit ini, sebetulnya aku gak boleh nyerah
aku harus terus berusaha ngelawan penyakit ini tapi aku rasa ini diluar batas
kemampuan aku. Hm Aku Cuma mau bilang Zahra sayang debo sama ify selamanya.
Percaya deh kita bakal ketemu lagi namun kita gak akan tau kapan. Hmhm udah
dulu ya rekaman ini. Aku Cuma berharap kalian bahagia selalu”

Rekaman habis. ify dan debo saling diam,namun air mata ify gak bisa tertahan lagi. Ify gak tau harus ngomong apa. Yang pasti ify terharu

“fy. Sorry ya kalo gw udah marah-marah sama lo kemaren. Gw Cuma emosi karna terlalu cepet Zahra pergi” ucap debo dengan wajah tertunduk, perasaan sesal menyelimuti hati debo. Ify tersenyum dan menghapus
air matannya “gw ngerti deb,dan dari kemaren gw udah maafin lo”

“thanks ya fy. Berarti kita sahabat” debo mengulurkan jari kelingkingnya. Ify menyambutnya dengan senyum “yaps sahabat” kelingking debo dan ify saling bertaut menandakan bahwa kembalinya 2 orang
sahabat.

“eh fy pulang yuk”

“yaudah yuk”

Ify dan debo berjalan kearah motor debo yang terpakir gak terlalu jauh.

“eh fy gw rasa rio suka deh sama lo” ucap debo saat tiba diparkiran

Ify menaikan sebelah alisnya bingung “sok tau lo. Kita tuh temen”

“temen tapi mesra. Haha” ledek debo dengan gaya lucunya. Ify cemberut “dasar dari dulu jailnya gak pernah ilang” dengus ify sambil melipat tangannya

“ciye… jadian juga gak papa kali” goda debo. Wajah ify bersemu merah “debo udah ah demen banget godain gw. Huh ayo pulang” ify mengambil helm dari tangan debo kesal. Debo tersenyum tipis

>>>

Mobil oik tiba di daerah tanah lapang. Oik dan sivia turun dari mobil sambil membawa beberapa kantong yang berisi makanan

“ini tempatnya ik” ucap sivia memandang rumah kardus yang ada didepannya

Oik memperhatikan rumah kardus itu “lo tau dari mana tempat ini?” tanya oik tanpa melihat sivia.

Sivia menggaruk kepalanya. Bingung mau jawab apa. Sebenernya via tau tempat ini dari iyel tapi via bingung aja gimana cara ngasih taunya ke oik.

“via ko malah bengong si”

Sivia tersentak dan langsung gelagapan “eh gak papa Cuma… hmhm”

“KA VIA” panggil 3 orang anak. Sivia dan oik menoleh ke sumbar suara. Sivia tersenyum dan menghampiri anak-anak itu

“hai masih inget ya sama ka via?”

“iya dong ka masih inget” ucap salah seorang anak dengan tampang lucu

Sivia tersenyum tipis dan menoleh kearah oik yang masih bingung. Persisi saat sivia pertama kali kesini bareng iyel (masih inget kan??)

“oik ayo” sivia menyadarkan oik dari kebingungannya. Dengan ragu oik berjalan kearah sivia dan 3 orang anak tadi.

“kenalin ini temen kaka, namanya ka oik” ucap sivia melirik oik disebelahnya

Oik tersenyum dan mengulurkan tangannya “iya kenalin kaka,ka oik” salah satu anak menyambut tangan oik dan tersenyum “iya ka”

“eh mana temen-temen kalian yang lain?” tanya sivia melihat mereka Cuma bertiga

“mereka masih ngamen sama jualan ka,mungkin dikit lagi pulang” jawab seorang anak.

“ka via ko gak bareng ka iyel lagi si kesininya?” tanya anak tadi dengan polosnya.

“iyel?? iyel temen kita vi” tanya oik memastikan. Sivia tersenyum kikuk dan mengangguk pelan “iya”

oik melongo dan menatap sivia aneh “gabriel? Jadi lo kesini bareng gabriel”

sivia menggigit bibirnya “bisa gw jelasin ik”

“ka itu temen-temen”

Sivia dan oik mengalihkan pandangannya ke beberapa anak yang jalan menuju kearah mereka.

“halo semua” sapa via ramah

“halo ka via…” jawab mereka kompak

“oya kalian udah pada ngumpul kan. Nah sekarang kaka mau bagi-bagiin makanan ke kalian. Oik mana makanannya” sivia menyenggol lengan oik disebelahnya. Oik tersenyum tipis dan menyodorkan kantong yang berisi makanan
“ni buat kalian di makan ya. Dan jangan sampe gak abis” ucap oik dengan seulas
senyum manisnya

Anak-anak tersebut menerima kantong itu dengan mata berbinar “makasih kaka” ucap mereka kompak

“sama-sama” oik dan sivia tersenyum melihat kebahagiaan anak-anak didepannya. Dengan semangat anak-anak itu menyantap makanan yang dibeli sivia dan oik tadi. Oik dan sivia melihatnya dengan perasaan haru bercampur bahagia

“seneng deh vi bisa ngeliat mereka bahagia walaupun hanya sekedar pizza dan roti yang mungkin buat gw itu makanan yang biasa aja dan terkadang gw gak ngabisin makanan itu. tapi mereka,mereka jarang atau mungkin belum pernah makan
makanan itu” oik menatap anak-anak itu miris. Dan ini bener-bener pelajaran berharga
buat oik untuk selalu bersyukur dengan apa yang diberikan Allah untuk dia karna
ternyata masih banyak orang yang kurang beruntung. Contohnya anak-anak ini.
Bisa dibilang oik jauh lebih beruntung karna masih mempunyai orang tua lengkap
walaupun orangtunya gak pernah punya waktu,sedangkan anak-anak ini mungkin gak
punya orang tua

“makanya ik kita harus selalu bersyukur dengan apa yang udah kita punya karna masih banyak orang lain yang kurang beruntung dari kita” sivia merangkul oik dan tersenyum. Oik membalas senyum via “ya vi gw sadar itu. eh tapi elo
belum jelasin tentang iyel”

“hmhm iyadeh gw jelasin” sivia menjelaskan tentang kedatangannya pertama kali kesini. Tentunya saat dia pulang bareng iyel. dan seperti yang bisa ditebaik sivia, oik ngecengin via abis-abisan

“ih tuh kan lo gitu sama gw. Uh… sebel” rutu sivia dengan tampak juteknya

“maaf maaf via ku cantik,aku kan Cuma kaget dan geli aja kamu bisa pulang bareng iyel. hahaha” oik tertawa lepas diatas penderitaan sivia. sivia makin manyun “uh dasar gw sumpahin lo jadian sama si ray itu” ujar sivia masih BT

“dih ko nyumpahinnya gitu si. Iya deh sory gak lagi-lagi gw ketawa. Haha” oik merangkul sivia yang masih nekuk wajahnya itu

“itu masih ketawa”

“iya iya gak ketawa” ujar oik mengacunkan angka dua ditangannya. Sivia melihatnya hanya tersenyum tipis tapi tetep dengan tampang BT. Saat sedang asik-asiknya becanda sebuah motor dengan dua penumpang berhenti disebelah mobil
oik

Tidak ada komentar: